Bupati Buka Gebyar Pramuka Racana Uniku VII

UNIKU JAYA – Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., membuka secara resmi “Gebyar Pramuka VII” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Universitas Kuningan (Uniku) di Lapangan Rektorat Kampus I, Sabtu (07/03/2020).

Dalam sambutannya, Acep sapaan akrabnya, mengatakan, dengan adanya kegiatan “Gebyar Pramuka VII” yang diselenggarakan oleh Racana Uniku itu, dapat membuat dan membentuk karakter siswa dan siswi SMP / MTS dan SMK / SMA / sederajat yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan gebyar pramuka ini, dapat membentuk dan membuat karakter siswa siswi baik SMP / MTS dam SMK / SMA / sederajat,” tuturnya.

Dirinya juga dalam kesempatan itu, memberikan motivasi kepada ribuan peserta kegiatan gebyar pramuka yang untuk ke-7 kalinya diselenggarakan oleh UKM Racana Uniku.

“Siswa siswi pramuka agar selalu menanamkan trisatya dan dasa darma pramuka. Mudah-mudahan, adik-adik semuanya bisa menerapkan di kehidupan dan lingkungannya masing-masing. Serta, harus konsisten terhadap pembelajaran pramuka  untuk membuat karakter pribadi yang lebih baik,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Acep menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang sudah konsisten menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahunnya oleh UKM Racana Uniku.

“Terimakasih saya sampaikan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah konsisten menyelenggarakan yang bisa menanamkan dan membentuk karakter siswa siswi itu setiap tahunnya selalu konsisten dilaksanakan oleh UKM Racana Uniku. Bagi para peserta, dengan adanya pembelajaran pramuka bisa menjadikan adik-adik yang interaktif dan progresif dan kepada panitia selalu semengat untuk menjalankan kegiatan pramukanya,” ungkapnya.

Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., yang hadir dalam acara tersebut, menuturkan, bahwa dirinya secara pribadi juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran pengurus UKM Rcana Uniku yang telah konsisten menyelenggakan kegiatan Gebyar Pramuka setiap tahunnya itu.

“Terimakasih saya sampaikan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang mana terdiri dari para pengurus UKM Racana Uniku yang telah konsisten menyelenggarakan kegiatan Gebyar Pramuka ini setiap tahunnya berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung mantan Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Uniku itu, berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan Gebyar Pramuka ini, diharapkan kedepannya UKM Racana Uniku tetap konsisten dengan inovasi yang baru lagi guna meningkatkan kualitas dari Gebyar Pramuka itu sendiri.

“Saya berharap, UKM Racana Pramuka Uniku bisa lebih berinovasi lagi, kreatif lagi bila perlu jangkauan cakupan wilayah para pesertanya ditingkatkan menjadi wilayah III Cirebon atau Jawa Barat bahkan bila perlu nasional,” harapnya.

Sedangkan, Ketua Kwarcab Kuningan yang diwakili oleh Udi Maksudi, S.Pd., MG., dalam sambutannya, mengatakan, atas nama Kwatir Cabang Pramuka Kuningan, pada kesempatan ini menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Pramuka VII Uniku tahun 2020. “Semoga dengan kegiatan ini dapat lebih memotivasi jiwa gerakan pramuka sehingga menjadi lebih semangat, lebih produktif, inovatif, dan kreatif dan selalu menjadi yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung Udi sapaan akrabnya, menjelaskan, kegiatan gebyar pramuka merupakan kegiatan rekreasi edukatif kepramukaan di alam terbuka dalam bentuk aktivitas luar ruangan yang kompetitif sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada pengembangan diri khususnya dibidang mental, fisik, solidaritas, spiritual dan sosial.

“Gerakan pramuka dengan berbagai kegiatan diluar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat bangsa dan siap membangun keutuhan NKRI. Karena itu, pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gebyar Pramuka Racana Uniku VII Teguh Rosul Parik saat dimintai keterangannya, mengatakan, kegiatan gebyar pramuka VII ini akan diselenggarakan mulai dari tanggal 07 – 08 Maret 2020 di Kampus I Uniku.

“Selama dua (2) hari kegiatan gebyar pramuka tahun 2020 diselenggarakan dan dipusatkan di Kampus I Uniku,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung mahasiswa Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Kuningan (Uniku) itu, menjelaskan, dalam penyelenggaraan kegiatan gebyar pramuka VII tahun 2020, ada beberapa kegiatan lomba yang dilakukan seperti lomba gladi tangguh, ranking I, pioneering dan pentas seni.

“Gebyar Pramuka VII tahun 2020 ada beberapa kategori lomba seperti gladi tangguh, Ranking I, pentas seni dan Pionering dengan jumlah total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah hampir 2.010 orang,” jelasnya.

Teguh sapaan akrabnya, berharap, dengan diselenggarakan kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat serta dapat mengarahkan siswa siswi ke hal yang positif dan menanamkan atau menumbuhkan karakter yang kuat pada diri siswa siswi baik tingkat SMP / MTS dan SMA / SMK / sederajat.

“Semoga, kegiatan ini dapat bermanfaat dan bisa membentuk serta menanamkan karakter siswa siswi ke arah yang positif,” harapnya.

Turut hadir, Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., Ketua Kwatir Cabang Kuningan yang diwakili oleh H. Udi Maksudi, S.Pd., MG., Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., Pembina UKM Racana Uniku Cecep Juliansyah Abbas, M.Kom., Ketua Racana Uniku Sonia Apriani, Ketua Pelaksana Gebyar Pramuka VII Teguh Rosul Parik, dan tamu undangan lainnya. (Sep) https://uniku.ac.id/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*