Jambore Ranting Subang Cilebak Perkuat Gerakan Pramuka

Wakil Bupat Kuningan H. M Ridho Suganda, S.H, M.Si saat membuka Jambore Ranting Subang dan Cilebak, Rabu (25/9). Foto : Radar Kuningan.

Kegiatan jamboree Ranting Pramuka Subang dan Cilebak dinilai sebagai penguatan Gerakan pramuka dikalangan pelajar kabupaten uningan. Hal ini, menjadi titik tolak dalam pembentukan perkembangan fisik, karakter, kreatifitas, social dan spiritual anggota Pramuka.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda S.H, M.Si saat membuka Jambore Ranting Subang dan Cilebak, Eabu (25/9). Hadir pula ketua Kwarcab Kuningan, Rana Suparman, S.Sos, Camat Subang Indra bayu Permana, S.STP, polsek dan koramil setempat.

“jadikan ini ajang silaturahmi sesame anggota pramuka, sekaligus mewujudkan anggota pramuka berkarakter sebagai garda terdepan dalam membangun dan memperkuat NKRI yang bermartabat,” ucapnya.

Dia mengajak, agar jamboree pramuka ini sebagai perkuatan organisasi Gerakan pramuka. Pramuka adalah suatu Gerakan yang diawali dari gugus depan, ranting, cabang, Daerah hingga nasional dan Dunia.

Melalui system kepanduan yang terstruktur dengan baik, sehingga dapat kita rasakan diarena Jambore ranting saat ini. Teruslah melakukan pembinaan karakter bagi anggota pramuka, dengan menjadikan kemandirian anggota pramuka agar mampu mengurus diri sendiri, bahkan mampu mengurus organisasi serta meningakatkan kemampuan diri sendiri imbaunya.

Diharapkan, momentum ini  menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya akan membawa bangsa ini menjasi bangsa maju.

“Untuk itulah, sesuai dengan visi dan misi kabupaten Kuningan, mari kita bahu membahu untuk mewujudkan Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis desa tahun 2023.” Pintanya.

Pihaknya memandang, bahwa peningkatan kualitas SDM sangatlah penting. Untuk itu, pemerintah daerah terus konsisten dalam upaya peningkatan SDM baik melalui penanaman nilai-nilai keagamaan, peningkatan pelayanan Pendidikan, serta peningakatan pelayanan kesehatan.

“Sehingga SDM di Kabupaten Kuningan menjadi SDM yang takwa, unggul, dan berbudaya. Selain itu, mari kita mantapkan nilai-nilai ekonimis yang kita miliki baik di bidang pariwisata, peternakan, perikanan maupun pertanian. Sehingga mendorong kita menjadi Kabupaten yang mampu berdaya saing, baik ditingkat wilayah regional hingga nasional,” ungkapnya.

Hal itu tentunya, lanjut Wabup Edo, dapat tercapai dengan baik apabila Bersama-sama senantiasa memperhatikan kelestarian alam.

“Saya berharap, dengan motto yang disepakati oleh panitia yakni Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan, ini sangat mantap sesuai dengan jiwa Pramuka, saya percaya itu semua sudah dibekali dari gugus depan masing-masing.” Pungkasnya. (ags) Sumber  : www.radarcirebon.com/jambore-ranting-perkuat-gerakan-pramuka.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*