Penilaian Pramuka Garuda 2019

PRAMUKAKUNINGAN.OR.ID,- Kwartir cabang gerakan Pramuka Kabupaten Kuningan gelar penilaian pramuka Garuda tingkat Kwartir Cabang Kuningan, di Sekretariat kwarcab Kuningan, Jum’at (24/8).

Kegiatan penilaian Pramuka Garuda tahun 2019 ini diikuti oleh 56 Orang (Penggalang 48, Penegak 7, Pandega 1) dari beberapa kwartir ranting yang ada di kabupaten Kuningan.

Tim penilai terdiri dari 3 (tiga) orang Dewan Kehormatan yang di tugaskan oleh ketua Kwartir Cabang Kuningan untuk melakukan penilaian terhadap calon pramuka garuda tahun 2019. Ketiga orang tersebut yaitu Sekretaris Kwarcab Kuningan Kak Otong Hasbana, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kak H. Udi Maksudi, dan Ketua DKC kuningan kak Muhammad Rizal.

Dalam kesempatan itu, kak Udi menyampaikan Pramuka garuda harus menjadi contoh untuk semua anggota gerakan pramuka yang ada di gugus depan masing-masing. Pencapaian Kecakapan Pramuka tertinggi di masing-masing tingkatan yaitu pramuka garuda, sudah selayaknya sebagai anggota Pramuka yang mencapai tingkat garuda harus memiliki kemampuan yang lebih dari anggota pramuka lainnya serta menjadi contoh untuk semuanya.

“Pramuka Garuda kudu jadi conto kangge pramuka sejena, tur jadi kebanggan kangge pribadi” ujar ka H. Udi Maksudi dalam sambutannya.

Pencapian pramuka garuda dilakukan berjenjang dan bertahap dari mulai lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah serta kemampuan lainnya yang di atur dalam Petunjuk Penyelenggaraan (PP) Kwartir Nasional Nomor 038 Tahun 2018 tentang Pramuka Garuda. PP ini menjadi acuan dasar untuk proses penilian Pramuka Garuda yang memiliki syarat dan ketentuan untuk mencapai tingkatan Pramuka Garuda.

“Sesuai Petunjuk Penyelenggraan Pramuka garuda tahun 2018, proses penilaian dilakukan di tingkat kwartir, secara berjenjang”, lanjut kata ka Udi. (nn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*