SMP Negeri 2 Cidahu Gelar Pelatihan Water Rescue

Pramukakuningan.com – Water rescue merupakan suatu teknik pertolongan atau evakuasi yang dilakukan di air. Atau suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jiwa manusia dan segala sesuatu yang berharga yang berada dalam keadaan mengkhawatirkan di air.

Dalam hal ini SMP Negeri 2 Cidahu menggelar pelatihan teknik pertolongan atau evakuasi di air (<em>water rescue</em>). Minggu (19/11/2017). Kegiatan Pelatihan Water Rescue untuk anggota pramuka SMP Negeri 2 Cidahu dilaksanakan di anak sungai Cisanggarung Cidahu.

Peserta yang terlibat terdiri dari 60 Orang pramuka penggalang Rakit, 32 Orang pramuka penggalang Terap dan 2 orang instruktur SMPN 2 Cidahu. Meskipun menggunakan alat seadanya tidak menyurutkan semangat peserta pelatihan Water Rescue tersebut.

Water Rescue yang dilakukan bertujuan agar anggota Pramuka khususnya di lingkungan SMP Negeri 2 Cidahu dapat mengetahui cara yang harus dilakukan pada saat terjadi banjir atau banjir bandang. Serta peserta dapat melakukan tindakan awal atau pertolongan secara dini kepada korban banjir/ banjir bandang.

Seperti yang di ungkapkan kak Didin Chairudin, sebagai Andalan Cabang Urusan pengabdian masyarakat Kwarcab kuningan serta sebagai intruktur dalam kegiatan tersebut, “Tujuan mengenalkan kegiatan Water dan Self Rescue untuk adik-adik Pramuka Penggalang SMP Negeri 2 Cidahu agar dapat memberikan pertolongan saat banjir bandang dan sedikitnya tahu tindakan apa saja yg akan dilakukan jika terjadi banjir dan banjir bandang, serta minimalnya mereka tahu risiko penyelamatan sebelum menyelamatkan korban”.

Selain itu beliau mengungkapkan, “setelah melakukan kegiatan pelatihan Water Rescue selanjutkan akan dilakukan juga pelatihan Vertical Rescue”. nk/nn

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*