Pramuka Jawa Barat Kembali Selenggarakan KPL

Pusinfo – Di awal 2018 yang disebut sebagai tahun prestasi bagi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat dalam rangka pencapaian Pramuka Jawa Barat “Kahiji”, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Daerah (Pusdiklatda) “Kancah Luhung Sinatria” Jawa Barat terus bergeliat dengan menyelenggarakan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan atau yang biasa disebut KPL.

Kegiatan yang mengusung tema “Berlatih Dalam Semangat Era Digital” dan motto “Ikhlas Bakti Bina Bangsa Ber Budi Bawa Laksana” ini dilaksanakan tanggal 22 hingga 28 Januari 2018 di Kompleks Pusdiklatda Jawa Barat, Bumi Perkemahan Letjend (Purn). DR. Mashudi, Kiarapayung, Jatinangor, Sumedang, dengan diikuti oleh 32 orang peserta perutusan Kwartir Cabang di Jawa Barat. Dan yang lebih menariknya juga diikuti oleh perutusan dari luar daerah Jawa Barat yakni dari Kwarda Riau 2 orang, Jambi 1 orang, Sumatera Utara 2 orang, Jambi 1 orang, DKI Jakarta 1 orang, Banten 1 orang, Jawa Timur 1 orang, Sulawesi Tenggara 2 orang, serta Sulawesi Selatan 7 orang, dengan jumlah peserta keseluruhan 48 orang.

Menurut Kak Aminta, S.Pd. MM yang dipercaya sebagai Pemimpin Kursus mengungkapkan bahwa kegiatan KPL sangat dibutuhkan khususnya dalam mengembangkan keahlian dan keterampilan bagi Pelatih di Jawa Barat.

“Di KPL kali ini, tim Pelatih akan lebih mendorong dan meng-upgrade teknik serta keahlian para Pelatih dengan menerapkan metode dan kurikulum kepelatihan yang baru, atau yang lebih dikenal dengan Pola Segmental,” pungkasnya disela-sela Kursus.

Harapan yang sama diutarakan pula kak Yana Suptiyana, M.Pd selaku Kepala Pusdiklatda Jawa Barat. Selain sebagai implementasi Program Kerja Bidang Pembinaan Orang Dewasa Jawa Barat, tentunya di KPL kali ini kami berharap dapat mencetak Pelatih yang berkualitas serta mumpumi kelak ketika kembali ke daerahnya, kata Kak Yana.

“Apalagi koefisien antara kebutuhan pelatih dengan jumlah Pembina Pramuka di Jawa Barat masih perlu ditingkatkan lagi”, Tambahnya. ” Seperti kita ketahui di Jawa Barat, komposisi jumlah Pembina dengan peserta didik masih kurang ideal, peningkatan kualitas dan kuantitas Pelatih tentunya menjadi prioritas kami di kepengurusan Pusdiklatda periode saat ini,” lanjutnya.

Kursus yang dilaksanakan selama 7 hari ini dibuka oleh Kak Engkus Sutisna, M.Si selaku Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat Bidang Binawasa serta di fasilitasi oleh Tim Pelatih Pusdiklatda Jawa Barat dan Pelatih Pusdiklatnas Gerakan Pramuka. (Pusinfo Pramuka Jabar/Asrul.R).-

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*